ROBOMIND
1.PengenalanPastinya kamu tidak asing bukan apabila mendengar kata Robot, secara mendasar Robot dapat di artikan sebagai alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan kontrol dari manusia, maupun menggunakan program yang sudah ditanam terlebih dahulu pada si robot agar dapat melakukan atau mengerjakan sesuatu hal.
Istilah robot berawal bahasa Cheko yaitu “robota” yang berarti pekerja yang tidak mengenal lelah atau bosan. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang-ulang dan kotor.

Secara umum, kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan seperti search and rescue, dan lain-lain, bahkan belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen dalam bidang hiburan, dan alat bantu dalam rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.
Dalam bahasan kali ini PG akan memperkenalkan kepada kamu sebuah software atau perangkat lunak yang akan membantu kamu dalam mempelajari cara kerja, dan memahami logika sederhana dari cara kerja robot yang sering kita jumpai ini.
Adalah RoboMind, RoboMind merupakan
software yang dapat digunakan sebagai alat belajar membuat program pengendalian
pergerakan robot. RoboMind adalah software buatan Research Kitchen di Universty
Of Amsterdam, Belanda.
Belajar
pemrograman robot dengan RoboMind, kita tidak perlu membuat fisik robot secara
nyata (real), karena dalam RoboMind robot yang kita kendalikan adalah robot
virtual yang telah terintegrasi dalam software ini. Untuk lapangan (gamefield)
uji cobanya, kita juga tidak perlu membuatnya secara nyata. Ada banyak pilihan
model lapangan yang telah disediakan. Kita tinggal memilih sesuai dengan
keinginan (file *.map). Dalam software RoboMind ini tersedia dua mode
pengandalian robot, yaitu pertama mode pengendalian secara manual, yaitu
pengendalian robot dengan menggunakan panel remote-control dan yang kedua mode
pemrograman, yaitu mengndalikan pergerakan dan tingkah robot dengan menggunakan
perintah-perintah tertentu dalam bahasa pemrograman standard RoboMind. Bagi
Anda yang masih awam dengan bahasa pemrograman, jangan khawatir. Karena bahasa
pemrograman RoboMind sangat mudah dipahami oleh pemula dan bahkan orang yang
awam dengan bahasa pemrograman sekali pun.
Hal-hal
penting yang harus dipersiapkan sebelum belajar mengendalikan robot dengan
bantuan software RoboMind adalah pertama cara meng-install, kedua cara
menjalankan RoboMind, ketiga mengetahui fungsi dan cara menggunakan fitur-fitur
yang ada dalam RoboMind, dan keempat memahami struktur bahasa pemrograman
pengendalian robot dengan RoboMind dan cara menerapkannya.
Homepage : http://www.robomind.net/en/index.htmlDownload Page : http://researchkitchen.net/robomindstore/en/downloads/25-robomind-software-download.html
RoboMind untuk Windows (36MB) : http://www.robomind.net/downloads/robosetup.htm

Untuk saat ini RoboMind tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar, namun untuk sekedar bahan pembelajaran dasar, versi gratis sudah cukup untuk digunakan sebagai perangkat lunak yang mendukung untuk belajar memahami cara kerja secara sederhana dari robot.
Dengan menggunakan software seperti RoboMind tentu saja akan membantu kamu dalam membiasakan diri dengan dasar-dasar ilmu komputer dengan mencoba membuat program robot sendiri.
Sebuah bahasa pemrograman khusus pada RoboMind telah dibuat yang terdiri dari satu set aturan ringkas dan ditujukan untuk pemrograman robot yang bisa pula disisipkan aturan-aturan lain seperti struktur kendali percabangan (IF, IF-ELSE, IF – ELSEIF) dan perulangan (For, While, Do – While).

Dan apabila pengguna kurang familiar dengan bahasa pemrograman atau yang berbau script, kamu bisa langsung mencoba menggerakan robot dengan bantuan remote yang bisa di akses pada menu “Run” dan secara otomatis ketika robot digerakkan dengan remote, script akan muncul sebagai perintah yang seharusnya digunakan sebagai perintah atau command untuk menggerakan.


Berikut ini
adalah langkah-langkah dalam instalasi software belajar dasar pemrograman
pengendalian robot, RoboMind.
Langkah 1:
Download installer RoboMind pada link http://www.robomind.net/en/download.html. Selanjutnya lakukan proses instalasi. Klik dua kali (double-click) file RoboMindSetup4.3.exe yang telah anda download (lihat gambar 1). RoboMind termasuk software gratis selama digunakan hanya untuk keperluan belajar secara personal (home setting). Hingga saat tulisan ini ditulis (25/12/2013), RoboMind versi 4.3 telah di-release.
Gambar 1. Robomind installer (*.exe)
Langkah 2:
Pilih bahasa instalasi sesuai yang kita inginkan. RoboMind juga telah tersedia pilihan bahasa Indonesia. Bagi Anda yang belum terbiasa dengan bahasa Inggris dapat memilih pilihan bahasa Indonesia untuk mempermudah proses belajar. Lihat gambar 2 dan gambar 3.
Gambar 2. Select Setup Language(a)
Gambar 3. Select Setup Language(b)
Namun, penulis tidak merekomendasikan pembaca mengganti pilihan bahasa dengan bahasa Indonesia. Hal ini karena bahasa pemrograman dalam RoboMind hanyalah program untuk kita belajar memahami bentuk bahasa pemrograman dalam robotika. Pada tingkat selanjutnya, RoboMind tidak dapat diterapkan dalam kerja-kerja programming yang lebih rumit.
Bahasa program yang banyak digunakan saat ini untuk robot programming adalah seperti bahasa BASIC atau bahasa C dimana kedua bahasa program tersebut perintah/instruksinya dibuat dalam bahasa Inggris. Bagi Anda yang belum terbiasa dengan bahasa Inggris sebaiknya mulai membiasakan diri. Sepakat ya!
Setelah memilih bahasa instalasi, kemudian klik tombol OK. Kemudian akan muncul jendela yang tampak seperti gambar 4 berikut. Klik tombol Next>.
Gambar 4. Welcome RoboMind setup
Langkah 3:
Pada jendela ”License Agreement” pilih ”I accept the agreement”, kemudian klik tombol Next>.
Gambar 5. License agreement
Langkah 4:
Tentukan direktori tempat kita menyimpan file-file instalasi. Secara default, file instalasi RoboMind akan mengarah ke direktori C:\Program Files\RoboMind. Jika kita tidak ingin mengubahnya, maka langsung klik Next>.
Gambar 6. Select destination location
Selanjutnya akan muncul jendela yang menyatakan bahwa instalasi RoboMind telah siap. Klik tombol Install.
Gambar 7. Ready to install
Langkah 5:
Tunggu proses instalasi hingga selesai.
Gambar 8. Installation process
Selanjutnya akan muncul jendela yang menyatakan bahwa proses instalasi RoboMind telah selesai. Klik tombol Finish. Sampai di sini, berarti proses instalasi telah selesai.
Gambar 9. Robomind installation complete
Setelah proses instalasi RoboMind Selesai, maka secara otomatis pada Desktop komputer akan tersedia tombol shortcut RoboMind untuk menjalankan software RoboMind. Lihat gambar 10.
Gambar 10. RoboMind shortcut
Untuk
menjalankannya, klik dua kali shortcut tersebut.
3.Panduan Menggunakan Program Robomind
Setelah proses instalasi RoboMind selesai, maka secara otomatis pada desktop komputer akan tersedia tombol shortcut untuk menjalankan software RoboMind. Lihat gambar 1. Untuk menjalankannya, klik dua kali shortcut tersebut.
Gambar 1. RoboMind shortcut
Selanjutnya akan muncul jendela pembukaan RoboMind dan
tampilan awal RoboMind seperti tampak pada gambar 2 dan gambar 3.
Gambar 2. Tampilan pembuka RoboMind
Gambar 3. Tampilan awal RoboMind
Jika sofware telah terbuka hingga bagian ini, maka kita telah siap menggunakannya untuk belajar membuat program pengendalian robot. Software RoboMind memiliki fitur sebagai berikut:
1. Menu File
Gambar 4. Fitur - Menu File
2. Menu Bar [Edit]
Gambar 5. Fitur - Menu Bar [Edit]
3. Menu Bar [View]
Gambar 6. Fitur - Menu Bar [View]
4. Menu Bar [Run]
Gambar 7. Fitur - Menu Bar [Run]
* untuk fitur remote control akan dijelaskan
tersediri, klik disini!
5. Menu Bar [Help]
5. Menu Bar [Help]
Gambar 8. Fitur - Menu Bar [Help]
6. Panel –
Text Editor
Text editor (panel script) digunakan untuk menulis program pengendalian robot. Lihat gambar 9!
Text editor (panel script) digunakan untuk menulis program pengendalian robot. Lihat gambar 9!
Gambar 9. Panel – Text editor
7. Panel – Lapangan Permainan (world)
Untuk keperluan uji coba pergerakan robot dengan program yang telah kita buat, RoboMind telah meyediakan panel lapangan permainan. Lihat gambar 10!
Gambar 10. Panel – Lapangan permainan (world)
Lapangan permainan ini dapat diubah sesuai dengan yang kita inginkan, yaitu dengan langkah klik menu File >> Open map >> namaMap.map.
Model lapangan permainan yang ingin kita gunakan dapat dideklarasikan dalam kode program yang kita buat, yaitu dengan perintah sebagai berikut:
# map : namaMap.map
8. Panel – Run Program (execute)
Apabila kita ingin menjalankan robot yang programnya telah kita siapkan, RoboMind menyediakan fitur Panel – Run Program (execute). Panel excecute ini mudah penggunaannya. Disana disediakan tombol-tombol selayaknya kita menjalankan aplikasi “Media Player” semacam Winamp. Lihat gambar 11! Kecepatan eksekusi program dapat diatur dengan menggeser level kecepatan pada panel “Run”.
Apabila kita ingin menjalankan robot yang programnya telah kita siapkan, RoboMind menyediakan fitur Panel – Run Program (execute). Panel excecute ini mudah penggunaannya. Disana disediakan tombol-tombol selayaknya kita menjalankan aplikasi “Media Player” semacam Winamp. Lihat gambar 11! Kecepatan eksekusi program dapat diatur dengan menggeser level kecepatan pada panel “Run”.
Gambar 11. Panel – Run program
(execute)
9. Panel –
Pesan
Lihat gambar 12! Ketika kita pertama kali membuka program RoboMind, maka RoboMind akan menyapa dengan pesan tulisan pada panel pesan:
Lihat gambar 12! Ketika kita pertama kali membuka program RoboMind, maka RoboMind akan menyapa dengan pesan tulisan pada panel pesan:
“Robot: Hi [namaUser], welcome to
RoboMind”
Gambar 12. Pesan sapaan RoboMind
Dalam
membuat program yang kemudian kita eksekusi terkadang terdapat kesalahan
(error). Mungkin kesalahan dalam penulisan kode program atau juga kesalahan
dalam menggunakan struktur program. Apabila hal ini terjadi, RoboMind akan
menampilkan pesan kesalahan tersebut pada panel pesan. Pesan kesalahan yang
ditampilkan pada panel pesan tersebut adalah letak baris dan keterangan
kesalahan yang terjadi. Lihat gambar 13!
Gambar 13. Pesan error
4.Panduan Pemrograman
Di dalam
RoboMind, kita bisa menggerakkan robot untuk bergerak maju, mundur, belok
kanan, kiri, mewarnai jalan yang dilalui, mencari sebuah obyek, mengambil
sebuah obyek, dan meletakkan obyek melalui perintah-perintah berbentuk
function.
Berikut ini
beberapa perintah dasar untuk mengatur gerakan si robot.
- forward(n), digunakan untuk menggerakan maju si robot n langkah
- backward(n), digunakan untuk menggerakan ke belakang si robot n langkah
- left(), digunakan untuk membelokkan si robot ke kiri 90 derajad
- right(), digunakan untuk membelokkan si robot ke kanan 90 derajad
- north(n), digunakan untuk mengarahkan robot ke utara, lalu bergerak maju n langkah
- south(n), digunakan untuk mengarahkan robot ke selatan, lalu bergerak maju n langkah
- west(n), digunakan untuk mengarahkan robot ke barat, lalu bergerak maju n langkah
- east(n), digunakan untuk mengarahkan robot ke timur, lalu bergerak maju n langkah
Robot juga
bisa disuruh mewarnai path yang dilalui, dengan perintah berikut ini
- paintWhite(), menyuruh robot mewarnai dengan warna putih pada path
- paintBlack(), menyuruh robot mewarnai dengan warna hitam pada path
- stopPainting(), menyuruh robot berhenti mewarnai
Selain
mewarnai path yang dilalui, si robot juga bisa disuruh mengambil obyek dan
meletakkannya kembali. Berikut ini beberapa perintah untuk melakukan hal
tersebut:
- pickUp(), mengambil obyek yang ada di depannya
- putDown(), meletakkan obyek di depannya
Sedangkan
untuk struktur pemrograman untuk bentuk IF, berikut ini sintaksnya:
if (syarat)
{
instruksi
}
atau
if (syarat)
{
instruksi
}
else {
instruksi
}
Bagaimana
dengan bentuk loopingnya? Ada beberapa bentuk looping dalam RoboMind ini, ini
dia macam-macam bentuk looping
repeat(n)
{
instruksi
}
Bentuk
looping di atas digunakan untuk mengulangi instruksi sampai dengan n kali
(mirip dengan struktur FOR i:=1 TO n DO dalam Pascal).
Ada pula
bentuk looping seperti di bawah ini
repeatWhile(syarat)
{
instruksi
}
Struktur
looping di atas mirip dengan struktur WHILE (syarat) DO dalam Pascal.
Di bawah ini
contoh sebuah program untuk menyuruh robot mengikuti jalan berwarna putih.
# belok ke kanan
right()
# maju 8 langkah
forward(8)
# looping
repeat()
{
# cek apakah ada jalan berwarna putih di depannya
if(frontIsWhite()){
# jika ada, maka maju satu langkah
forward(1)
}
# cek apakah ada jalan berwarna putih di
sebelah kanannya
else if(rightIsWhite()){
# jika ada, belok kanan
right()
}
# cek apakah ada jalan berwarna putih di
sebelah kirinya
else if(leftIsWhite()){
# jika ada, belok kiri
left()
}
# cek apakah di depan robot ada halangan
else if(frontIsObstacle()){
# jika ada, robot berhenti (stop)
end
}
}
Untuk lebih lengkapnya, kamu dapat melihat video demo dan mempelajari terlebih dahulu RoboMind melalui documentation overview, karena dengan begitu kamu akan mendapatkan banyak pencerahan mulai dari instruksi awal (basic), struktur program, contoh script dan sebagainya.
Video Demo : http://www.robomind.net/en/demo.html
Documentation Overview : http://www.robomind.net/en/docOverview.htm
Dengan menggunakan RoboMind, tentu saja ini merupakan sebuah solusi bagi kamu yang tertarik dengan dunia robotik karena selain disediakan secara gratis, dengan bantuan software RoboMind ini kamu memiliki banyak kesempatan untuk membuat program sendiri sekaligus menerapkan prinsip-prinsip dasar pemrograman yang umumnya sudah ada di kebanyakan bahasa pemrograman lainnya. Semoga bermanfaat.
Daftar Pustaka:
Ø
http://www.pusatgratis.com/software/belajar-pemrograman-dasar-robotik-dengan-bantuan-robomind.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar